Logo Network
Network

Lepas 140 Pasukan Perdamaian PBB, Ini Pesan Kapolri

WAMEL
.
Rabu, 07 September 2022 | 14:09 WIB
Lepas 140 Pasukan Perdamaian PBB, Ini  Pesan Kapolri
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara pelepasan pasukan perdamaian Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 4 Minusca di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2022). (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsSorong.id- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri)  Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara pelepasan pasukan perdamaian Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 4 Minusca di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (6/9).

Dalam amanatnya, Sigit menekankan kepada 140 personel dengan rincian 115 Polisi laki-laki (Polki) dan 25 orang Polisi Wanita (Polwan) untuk selalu berpegang pada Tribrata sebagai pedoman hidup dan Catur Prasetya dalam pedoman kerja. 

Dalam hal ini, Sigit mengingatkan kepada seluruh personel pasukan perdamaian tersebut untuk menjaga dan mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia setiap menjalankan tugas ataupun misi pemeliharaan perdamaian PBB di Bangui, Afrika Tengah.

"Merah Putih merupakan lambang kepercayaan Indonesia oleh sebab itu, jadilah pasukan kebanggaan Polri yang melaksanakan misi dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, agar nama institusi tetap terjaga," ujar Sigit. 

Sigit juga menuturkan bahwa Negara saat ini telah mendapat kepercayaan di mata dunia menjadi tuan rumah pelaksanaan Presidensi G-20 dan Ketua Asean di tahun depan. 

"Kepercayaan dunia saat ini sangat tinggi bagi bangsa kita juga beberapa Presiden RI telah disambut baik oleh Presiden Rusia dan Ukraina beberapa waktu lalu untuk jembatan perdamaian meskipun situasi geopolitik," katanya.

Disisi lain, mantan Kabareskrim Polri ini juga meminta kepada seluruh Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 4 Minusca untuk segera beradaptasi dengan karakteristik wilayah ketika sampai di medan tugas.

Menurut Sigit, seluruh Kontingen harus mampu beradaptasi dengan kebudayaan setempat sehingga ketika menjalankan tugas perdamaian dunia tetap mengedepankan rasa penghargaan terhadap kebudayaan lokal setempat. 

Tak hanya itu, kata Sigit, sesama personel juga harus tetap menjaga kekompakan dan soliditas, serta menjalin hubungan yang baik dengan seluruh elemen kepolisian negara lain, maupun organisasi internasional dengan begitu, dapat mendukung setiap pelaksanaan misi di lapangan.

Sigit juga menegaskan, dalam pengiriman pasukan perdamaian ini, Polri juga mengikutsertakan Polwan. Pasalnya, hal itu wujud komitmen Korps Bhayangkara dalam mendukung pengarusutamaan gender sebagaimana Perkap Nomor 1 Tahun 2022 dan mandat PBB dalam UN Security Council resolution 1325. 

Dirinya berharap agar kehadiran Polwan mampu memberikan warna tersendiri dalam menciptakan perdamaian di daerah misi dengan pendekatan humanis.

Guna memberikan perlindungan bagi wanita dan anak-anak yang sangat penting dalam upaya winning the hearts and minds masyarakat setempat.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini