get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi kembali tunjuk Mohammad Musa'ad sebagai Pj Gubernur PBD

Aksi Unik Mama Papua Kalungkan Noken ke Leher Presiden Joko Widodo, Buat Kaget Paspampres

Sabtu, 03 September 2022 | 10:02 WIB
header img
Momen Mama Papua kalungkan Noken ke leher Presiden Jokowi di Jayapura. (Foto : Sekretariat Presiden)

JAYAPURA, iNewsSorongRaya.id - Momen unik terekam saat seorang Mama Papua mengalungkan Noken ke leher Presiden Joko Widodo (Jokowi). Momen itu terekam dalam video yang diunggah oleh YouTube Sekretariat Presiden, dilihat Jumat (2/9/2022). 

Saat itu, Jokowi dan istrinya Ibu Iriana Joko Widodo sedang mengunjungi Pasar Kampung Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, pada Rabu (31/8/2022). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang pasar dan masyarakat penerima manfaat.

Aksi unik seorang Mama Papua mengalungkan Noken ke leher Presiden Jokowi tersebut sontak membuat kaget para anggota Paspampres. Bagaimana tidak, Mama Papua yang diketahui bernama Indah tersebut sontak dari arah belakang langsung mengalungkan sebuah Noken ke leher Jokowi.

Anggota Paspampres yang berdiri tidak jauh dari lokasi Presiden Jokowi dan ibu Iriana langsung mengambil sikap siaga. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap Kepala Negara dan Isterinya.

Menurut Indah, Mama Papua yang berhasil mengalungkan Noken, mengatakan aksi tersebut merupakan refleks dirinya yang antusias dengan kehadiran Presiden Jokowi.

"Cuman gantung aja di lehernya karena senang," kata Indah.

"Terimakasih banyak buat bapak Jokowi sudah bantu mama-mama pasar," tambahnya.

Seorang Mama Papua lainnya bernama Martina mengaku terharu karena bisa bertemu dan bersalaman langsung dengan Presiden Jokowi.

"Aku senang banget, aku senang sekali karena saya biasa lihat di dalam televisi. Tetapi hari ini saya bisa melihat dan saya mencium tangan presiden saya merasa bangga dan senang sekali," kata Martina.

Diketahui, Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. 

Di Pasar Kampung Doyo Baru, Jokowi dan Istri nampak berbincang-bincang dengan para pedagang dan berbelanja buah-buahan seperti alpukat, mangga, serta matoa.

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut