Logo Network
Network

Diduga Jadi Salah Satu Penyebab Banjir Sorong, Pj Wali Kota Sidak Aktifitas Galian C

CHANRY ANDREW SURIPATTY
.
Kamis, 01 September 2022 | 21:01 WIB
Diduga Jadi Salah Satu Penyebab Banjir Sorong, Pj Wali Kota Sidak Aktifitas Galian C
Lokasi tambag galian C di Jalan Ani Weho, Kelurahan Matalamagi, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong, Papua Barat diduga jadi penyebab banjir parah di kota Sorong. (Foto : CHANRY ANDREW)

SORONG, iNewssorongraya.id - Penjabat Wali Kota Sorong, Papua Barat,  George Yarangga didampingi pejabat OPD teknis terkait melakukan peninjauan ke lokasi galian C yang berada di Jalan Ani Weho, Kelurahan Matalamagi, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (1/9/2022).

Peninjauan tersebut dilakukan, mengingat beberapa waktu terakhir Kota Sorong dilanda banjir yang sangat parah terutama di wilayah distrik Sorong Timur. Salah satu penyebab banjir di Kota Sorong, yaitu aktivitas usaha galian C yang beroperasi dan semakin membuat daerah di sekitar tempat galian c menjadi gundul, karena tidak adanya pepohonan yang dapat menahan debit air. Selain itu, limbah galian c yang jatuh ke dalam saluran drainase mengakibatkan terjadinya pendangkalan sehingga air meluap sampai ke badan jalan dan masuk kedalam pemukiman penduduk. Terkait hal tersebut, Penjabat Wali Kota Sorong mengaku dirinya sudah mendapatkan laporan dari instansi teknis dan juga Gakkum KLHK.

"Setelah melihat langsung tempat usaha galian C yang ada di Kelurahan Matalamagi ini, nanti pulang kami akan rapat dan membahas lebih lanjut apa yang menjadi masukan dari semua pihak," ujar Pj Wali Kota Sorong.

Terkait usaha galian c, kata George, dirinya tidak bisa mengambil keputusan secara sepihak. Melainkan harus mempertimbangkan semua aspek dalam pengambilan keputusan nanti.

"Pemerintah akan mencari solusi yang terbaik terkait aktifitas usaha galian c. Kita tidak bisa ambil keputusan secara sepihak. Setelah kami rapat, baru bisa diputuskan apakah galian c ditutup atau tidak," ungkapnya.

Diakuinya, sehubungan dengan terjadinya banjir parah di Kota Sorong beberapa waktu terakhir ini, salah satu hal yang menjadi sorotan adalah usaha galian c. Hal ini karena, usaha galian c disebutkan merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir di Kota Sorong.

"Usaha galian c memang saat ini menjadi sorotan, karena diduga menjadi penyebab banjir di Kota Sorong. Tapi kita juga harus pertimbangkan, banyak orang cari makan dari usaha galian c," ujarnya.

Lokasi usaha galian c yang ada di Jalan Ani Weho, Kelurahan Matalamagi, Distrik Sorong Utara, memang tampak gundul. Hal ini disebabkan karena dilakukannya pengerukan secara terus menerus, tanpa dilakukannya reboisasi. Padahal masalah galian C di kota Sorong sudah menjadi perhatian banyak aktifis lingkungan hidup. Namun sayangnya hingga saat ini, aktifitas usaha tersebut masih terus berlanjut.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini