Personel Polisi Dikerahkan Antisipasi Penjarahan Lokasi Kebakaran Pasar  Remu

ANDREW CHAN
Kapolresta Sorong Kota, Kombes Pol Happy Perdana Yudianto. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

 

SORONG, iNewsSorong.id – Guna mengantispasi gangguan kamtibmas dan aksi penjarahan di lokasi kebakaran pasar Sentral Remu, Kota Sorong, personel kepolisian dikerahkan untuk melakukan pengamanan.

Kapolresta Sorong Kota, Kombes Pol Happy Perdana Yudianto mengungkapkan langkah-langkah pengamanan yang diambil oleh pihak kepolisian dalam menghadapi situasi kebakaran, terutama untuk mencegah penjarahan yakni dengan mengerahkan personel dari Peleton Dalmas Polresta Sorong Kota dan Personel Polsek Jajaran,

“ Satu peleton Dalmas (Pasukan Pengendalian Massa) dari Polresta dan Polsek Jajaran telah disiapkan untuk menjaga keamanan. Khusunya untuk mengantisipasi aksi penjarahan di lokasi kejadian,”ungkap Kapolresta, Sabtu (28/9/2024) malam tadi di lokasi kejadian.

Selain itu menurut Kapolresta, masyarakat diimbau untuk tidak berkumpul di lokasi kebakaran. Ini dilakukan melalui public address dari lalu lintas dan Binmas (Bimbingan Masyarakat) yang memberikan instruksi agar masyarakat yang tidak berkepentingan segera pulang ke rumah masing-masing.


Pelaku penjarahan yang berhasil diamankan petugas Kepolisian di lokasi Kebakaran. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

 

Tujuan dari imbauan ini adalah untuk mencegah kerumunan yang dapat menghalangi akses mobil pemadam kebakaran serta petugas yang bertugas memadamkan api,”ujar Kapolresta.

Secara keseluruhan, menurut Kapolresta, fokus dari tindakan ini adalah memastikan keamanan dan kelancaran operasi pemadaman, sekaligus mengurangi risiko penjarahan di area kebakaran.

Sebelumnya dilaporkan, kebakaran besar melanda Pasar Sentral Remu di Kota Sorong, Papua Barat Daya, pada Sabtu (28/9/2024) sore. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIT.

Api diduga berasal dari Los A pasar sentral. Api dengan cepat menyebar karena sebagian besar bangunan terbuat dari bahan yang mudah terbakar, sehingga diduga lebih dari 500 kios pedagang hangus dilalap api.


Upaya petugas Damkar berjibaku padamkan api di lokasi kebakaran. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

 

Pemadaman berlangsung sekitar tujuh jam, namun kondisi pasar yang padat serta kerumunan warga yang berusaha mengabadikan momen kebakaran menyulitkan proses pemadaman, meskipun imbauan untuk menyingkir demi keselamatan telah disampaikan berulang kali.

Polisi masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran dan kerugian dari peristiwa ini.

Namun demikian, diperkirakan, sebanyak 500 lebih los kios pasar hangus terbakar.

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network