get app
inews
Aa Read Next : Diduga Langgar Kode Etik, MRP Akan Laporkan KPU RI dan KPU PBD ke Bawaslu dan DKPP RI

Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 di Tanah Papua

Selasa, 15 Oktober 2024 | 08:43 WIB
header img
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat memberikan sambutan dalam kegiatan workshop peliputan pemilu/pilkada 2024 di Kota Jayapura, Selasa (15/10/2024) yang diikuti ratusan wartawan di seluruh Tanah Papua. (FOTO : iNewsSorong.id - AND)

 


JAYAPURA, iNewsSorong.id – Dewan Pers menyelenggarakan Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 di Tanah Papua pada Selasa, 15 Oktober 2024. Acara ini digelar di Swissbell Hotel, Kota Jayapura, dan diikuti oleh ratusan jurnalis dari seluruh Papua, baik secara langsung maupun daring.

Hadir sebagai narasumber dalam Workshop tersebut, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua KPU Papua Steve Dumbon, Ketua Bawaslu Papua, Hardin Halaidin dan Ketua KPI Papua, Rusdin Abaidata. 

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang berkomitmen untuk mensukseskan acara tersebut. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari workshop serupa yang sebelumnya digelar di awal tahun 2024 terkait peliputan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

"Workshop ini menjadi bagian dari komitmen Dewan Pers, KPU, Bawaslu, dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk memastikan peliputan Pemilu, termasuk Pilkada, dapat berperan positif dalam meningkatkan partisipasi publik dan menjaga stabilitas keamanan," ujar Ninik.

Ia juga menyoroti pentingnya peran media dalam menyajikan pemberitaan yang akurat dan bertanggung jawab, khususnya dalam konteks Pilkada. Menurutnya, Pilkada memiliki dinamika yang lebih kompleks dibandingkan Pemilu Presiden, karena melibatkan kontestasi langsung antar kandidat di daerah. Oleh karena itu, Ninik mengingatkan para jurnalis agar menjaga netralitas dan menghadirkan berita yang dapat mencegah konflik horizontal di masyarakat.

"Kami berharap media, sebagai pilar keempat demokrasi, bisa berperan aktif dalam menjaga suasana kondusif selama Pilkada 2024, serta membantu masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan akurat," tambah Ninik.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan strategi kepada para jurnalis dalam meliput Pemilu dengan lebih profesional, sehingga dapat mendukung terselenggaranya Pemilu yang jujur, adil, dan aman di seluruh wilayah Papua.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut