get app
inews
Aa Read Next : Pertamax dan Dex Series di Papua Maluku Alami Penurunan Harga per 1 Oktober 2024

Pertamina Gencarkan Sosialisasi dan Pendaftaran QR Code Pertalite untuk Subsidi BBM Tepat Sasaran

Jum'at, 04 Oktober 2024 | 13:36 WIB
header img
Pihak Pertamina terus gencarkan upaya sosialisasi dan pendaftaran QR Code Pertalite kepada masyarakat, khususnya pengguna BBM subsidi. (FOTO: iNewsSorong.id - HO : Commrel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Papua Maluku).

 


JAYAPURA, iNewsSorong.id - Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku terus menggencarkan upaya sosialisasi dan pendaftaran QR Code Pertalite kepada masyarakat, khususnya pengguna BBM subsidi. Langkah ini dilakukan untuk memastikan Program Subsidi Tepat Sasaran dari pemerintah dapat terlaksana dengan baik, mulai dari Aceh hingga Papua.

Edi Mangun, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, mengungkapkan bahwa hingga 3 Oktober 2024, sebanyak 5.664.570 kendaraan secara nasional telah terdaftar dan memiliki QR Code Pertalite. "Kami terus mendorong masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraannya. QR Code ini penting untuk memastikan subsidi BBM diterima oleh pihak yang benar-benar berhak," kata Edi.

Edi juga menegaskan bahwa QR Code hanya berlaku untuk satu kendaraan sesuai dokumen STNK yang terdaftar. Pengguna diingatkan agar selalu membawa QR Code saat melakukan pengisian BBM dan menjaga kerahasiaannya untuk mencegah penyalahgunaan. "Dengan adanya teknologi AI, proses verifikasi kini lebih cepat. Namun, penting bagi konsumen untuk menjaga QR Code agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," tambahnya.

Penggunaan QR Code ini bertujuan untuk mencatat transaksi BBM subsidi secara lebih transparan, mengingat adanya anggaran kompensasi dari pemerintah untuk produk Pertalite. Pertamina, sebagai operator, memiliki kewajiban untuk mencatat konsumen dan volume transaksi BBM bersubsidi sesuai dengan mandat dari BPH Migas.

"QR Code diterapkan agar penyaluran BBM subsidi dapat lebih tepat sasaran dan transparan," jelas Edi.

Bagi masyarakat yang belum mendaftar, Pertamina terus membuka pendaftaran QR Code melalui situs resmi https://subsiditepat.mypertamina.id. Untuk mendaftar, masyarakat hanya perlu menyiapkan KTP, STNK, serta foto kendaraan tampak samping dengan plat nomor terlihat jelas. Selain itu, konsumen juga bisa datang ke SPBU terdekat di wilayah Papua Maluku untuk dibantu proses pendaftarannya.

Edi berharap dengan berlakunya sistem QR Code ini, distribusi subsidi BBM dapat lebih efisien dan tepat sasaran, sehingga mengurangi potensi penyalahgunaan. "Kami berharap subsidi BBM yang diberikan pemerintah benar-benar dapat dinikmati oleh mereka yang berhak," pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Program Subsidi Tepat Pertalite, masyarakat dapat mengunjungi situs resmi atau menghubungi Pertamina Call Center 135.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut