get app
inews
Aa Read Next : Marinir Indonesia Bersinar di PON 2024, Mohtadi Rebut Medali Perak MMA

Calon Pemimpin Masa Depan Bangsa Terima Pelajaran Penting Bela Negara Dari Kasrem 181 PVT

Jum'at, 20 September 2024 | 17:54 WIB
header img
Kepala Staf Korem (Kasrem) 181 Praja Vira Tama, Kolonel Inf Dr. Raden Dwi Tjahjo Harsono memberikan pembekalan dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) 2024. (FOTO : IST)

SORONG, iNewsSorong.id – Kepala Staf Korem (Kasrem) 181 Praja Vira Tama, Kolonel Inf Dr. Raden Dwi Tjahjo Harsono memberikan pembekalan dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) 2024, bertempat  di Kampus Unamin Kota Sorong, Jumat (20/9/2024). Kegiatan ini dihadiri Rektor Unamin Dr. H. Muhammad Ali, MM, MH, Warek 1 dan 2, Dekan Fisip, Biro Humas serta 800 Mahasiswa/Mahasiswi Unamin Sorong.

Dalam pembekalan tersebut, Kolonel Dwi memberikan materi terkait "Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara" kepada sekitar 800 mahasiswa baru.

Materi ini berfokus pada pentingnya empat pilar kebangsaan Indonesia: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.


Kepala Staf Korem (Kasrem) 181 Praja Vira Tama, Kolonel Inf Dr. Raden Dwi Tjahjo Harsono memberikan pembekalan dalam acara PKKMB UNAMIN 2024. (FOTO : IST)

 

 

Kolonel Dwi menekankan bahwa meskipun Indonesia adalah negara yang beragam, dengan 17.508 pulau, beragam suku, bahasa, dan agama, stabilitas dan persatuan bangsa tetap terjaga berkat landasan empat pilar tersebut.

Ia juga menyoroti pentingnya generasi muda, khususnya mahasiswa, dalam melanjutkan semangat perjuangan bangsa dan menjaga kedaulatan negara.

Dalam pembekalan yang diberikan oleh Kolonel Dwi tersebut, Mahasiswa diajak untuk memahami konsep pertahanan semesta yang melibatkan seluruh komponen bangsa dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Pemahaman tentang bela negara, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, juga ditekankan sebagai kewajiban setiap warga negara.

Melalui kegiatan ini, Kolonel Dwi berharap para mahasiswa baru memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dan cinta tanah air, serta berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI di masa depan.

Dalam Kesempatan tersebut Mahasiswa dan Mahasiswi Unamin sangat antusias dalam mengikuti pembekalan yang disampaikan Kolonel Dwi.

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut