get app
inews
Aa Read Next : Yahukimo Gempar, Ditemukan Jasad Anggota Polres Yahukimo di Tower BTS, Diduga Dibunuh OTK

Video Penyiksaan Sadis Warga Sipil di Papua oleh Sekelompok Oknum Militer Viral di Media Sosial

Jum'at, 22 Maret 2024 | 07:30 WIB
header img
Sadis aksi penyiksaan terhadap warga sipil di Papua oleh sejumlah oknum Militer viral di media sosial. (Foto : Tangkapan Layar)

 


JAYAPURA, iNewsSorongRaya.id - Sebuah Video berdurasi 1 menit 14 detik tentang aksi penyiksaan terhadap warga sipil oleh sekelompok oknum militer viral di media sosial. 

Dalam video tersebut terlihat jelas selain melakukan pemukulan dengan tangan, para pelaku juga melakukan tendangan ke arah ke arah kepala korban dimana korban dalam posisi dimasukkan ke dalam sebuah drum berisi air yang berubah warna merah, diduga akibat tercampur oleh darah korban penyiksaan. 


Sadis aksi penyiksaan terhadap warga sipil di Papua oleh sejumlah oknum Militer viral di media sosial. (Foto : Tangkapan Layar)

 

 

Tak hanya itu yang sangat sadis terlihat tubuh korban disayat oleh salah seorang pelaku dengan menggunakan pisau Komando, pisau khusus militer. 

Video tersebut diunggah Jefri Wenda  salah seorang aktivis pro Kemerdekaan Papua pada Akun X (Twitter) miliknya. 

Dari keterangan video tersebut menyebutkan kejadian penyiksaan terhadap warga sipil ini terjadi di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan yang dilakukan oleh sejumlah oknum TNI

" Ini kelakuan biadab TNI terhadap rakyat Papua yang selama ini tersembunyi rapi (rapih). Terkait video penyiksaan dibawah terjadi di Yahukimo, bahwa sejumlah anggota TNI menyiksa warga sipil yang diduga  jaringan TPNPB (Sayap Militer OPM). 

Namun dalam keterangan video tersebut tidak menyebutkan waktu kejadian dan oknum TNI tersebut dari satuan mana. 

Wakil Sementara (WS) Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Chandra Kurniawan yang dikonfirmasi terkait video viral tersebut menyarankan Jurnalis iNews Sorong Raya untuk mengkonfirmasi hal tersebut kepada Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III. 

" Ke Kapen Kogab (Kogabwilhan III) yah bang,"ujar WS Kapendam Cenderawasih melalui pesan WhatsApp, Jum'at (22/3/2024) pagi tadi

Sementara itu Kapen Kogabwilhan III Kolonel CZi Gusti Nyoman Suriastawa yang dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum mengetahui terkait video viral tersebut. 

" Itu kejadian dimana yah? Dari satuan mana yang melakukan? Kami cek dulu informasinya. Jangan sampai itu Video lama," ungkap Kapen Kogabwilhan III. 


Sadis aksi penyiksaan terhadap warga sipil di Papua oleh sejumlah oknum Militer viral di media sosial. (Foto : Tangkapan Layar)

 

 

Video penyiksaan seorang warga sipil yang diduga dilakukan oleh sejumlah oknum prajurit TNI ini terlihat viral di sejumlah media sosial X (Twitter) dan Facebook. 

 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut