get app
inews
Aa Read Next : Serang Pos TNI di Maybrat, KKB Ciderai Damai Natal di Papua Barat Daya

Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Kunker Istri Wapres, Danrem Minta Personil Jangan Lengah

Selasa, 10 Oktober 2023 | 14:28 WIB
header img
Danrem 181 PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan memimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP kunjungan Istri Wakil Presiden (FOTO: iNewsSorong.id - HO Penrem 181 PVT)

 

SORONG, iNewsSorong.id – Komandan Korem 181 Praja Vira Tama (Danrem 181 PVT) Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan,  memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan (PAM) VVIP dalam rangka kunjungan kerja Istri Wakil Presiden Hj Wury Ma'ruf Amin ke Kota Sorong. 

Apel gelar pasukan tersebut di ikuti ratusan personil TNI, Polri dan Instansi Pemerintah yang digelar di lapangan Apel Makorem 181 PVT, Selasa (10/10/2023). 

Dalam amanatnya Danrem menegaskan Apel gelar pasukan yang dilakukan sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan dalam rangka mendukung pengamanan kunjungan Istri Wakil Presiden ke Kota Sorong. 

“Gelar pasukan  yang  kita laksanakan ini merupakan bentuk pengecekan kesiapan satuan dalam rangka mendukung pengamanan kunjungan ibu (Istri) wakil presiden RI di kota sorong. Oleh karena itu, saya perintahkan kepada seluruh Prajurit TNI-Polri yang tergabung dari satgas PAM VVIP agar segera melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif," tegas Danrem. 

Danrem juga meminta kepada seluruh personil untuk terus meningkatkan koordinasi secara terpadu bersama Forkompinda di Provinsi Papua Barat Daya agar tercipta sinergitas yang solid dalam pelaksanaan tugas pengamanan di lapangan. 

" Koordinasikan secara terpadu dengan seluruh unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten di Papua Barat Daya ini, sehingga tercipta sinergitas yang solid guna mengawal dan mengamankan kunjungan kerja ibu wakil presiden RI di wilayah papua barat daya terkhusus di kota sorong secara aman, lancar dan terkendali," ujar Danrem. 

Lanjut Danrem pelaksanaan pengamanan terkait kunjungan kerja Istri Wakil Presiden RI  diserahkan sepenuhnya kepada aparat keamanan di daerah. Untuk itu menurut Jenderal Bintang Satu ini Apel kesiapsiagaan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan para personil. 

" Untuk itu, apel kesiapsiagaan operasi yang kita laksanakan ini sangat penting yang bertujuan untuk mengecek dan menyakinkan kesiapan para personel, alutsista, kelengkapan saran dan prasarana beserta seluruh usur pendukungnya, sehingga sewaktu waktu dapt digerakkan dan mampu bereaksi dengan sigap dan cepat sesuai dengan perkembangan situasi," tegasnya.


Danrem pada kesempatan itu juga meminta kepada para personil untuk tetap waspada dan tidak lengah dalam pelaksanaan tugas pengamanan kunjungan Istri Wakil Presiden ke Kota Sorong. 

" Jangan menganggap pengamanan tersebut sebagai hal yang biasa dilakukan sehingga bisa lengah tapi anggaplah pengamanan ini hal yang luar biasa sehingga kita selalu siap sedia. Oleh karena itu, lakukan koordinasi dengan baik dan terpadu sesama unsur satgas Pam VVIP, agar terciptanya sinergitass yang solid dalam mengawal dan mengaman kan kunjungan kerja ibu wakil presiden beserta rombongan di wilayah Papua Barat Daya," ujar Danrem. 

Kepada komandan pengamanan di lapangan, Danrem berharap agar dapat melakukan koordinasi dengan anggota agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan sukses. 

“Saya berharap para Dansatgas, Dansubsatgas agar betul-betul meyakinkan bahwa setiap personel mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, masing-masing, siapa berbuat apa, kapan, dimana dan bagaimana prosedurnya," tegas Danrem. 

Dalam pengamanan VVIP kunjungan Istri Wakil Presiden Hj Wury Ma'ruf ke Kota Sorong ini, kurang lebih 800 personil TNI Polri serta instansi pemerintah akan pada empat titik kegiatan diantaranya, Bandara Deo Sorong, Kantor Dekranasda, Restoran Mamberamo Seafood dan Aula Lambert Jitmau Sorong Pada acara peningkatan kompetensi UMKM Kriya dan forum kemitraan investasi. Dalam pengamanan tersebut juga aparat TNI Polri telah menyiapkan kesiapan pasukan cadangan dalam menyikapi perkembangan kegiatan di luar yang telah di rencanakan. 

Hadir dalam kegiatan Apel gelar pasukan tersebut Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos., Wadan Lantamal XIV Kolonel Mar Reza Su'ud, Kasi Ops Kasrem 181/PVT Kolonel Inf. Arfan Johan Wihananto, S.I.P., M.M.S., Dirpolairud Polda Papua Barat Kombes Pol Budy Utomo, S.IK, Kapolresta Sorong Kombes Pol Happy Perdana Yudianto, S.IK., M.Si, Dandenpom XVIII/1 Sorong Letkol Cpm Drs. Muhammad Yusuf, Danyon RK 762/VYS Letkol Inf. Feri Wijaya, S.Hub., Int, Paban Ren Sintel Koarmada III Letkol Laut (P) Glory Syaranamual, Danpomal Lantamal XIV Letkol Laut (PM) Bagus Wilujeng Anjasworo, 1 SST Sub Satgas Walakir, 1 SST Sub Satgas Bandara DEO, 1 SST Sub Satgas Hotel Aston, 1 SST Sub Satgas Kantor Dekranasda, 1 SST Sub Satgas R.M. Mamberamo Seafood, 1 SST Sub Satgas Gedung Drs. Djitmau, 1 SST Sub Satgas Rute, 1 SST Sub Satgas Intel, 1 SST Sub Satgas Komlek, 1 SST Sub Satgas Medis.

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut