get app
inews
Aa Read Next : Satgas Sail Teluk Cendrawasih-23 Bertolak ke Biak, Momen Unjuk Kedaulatan Indonesia di Pasifik Barat

Koarmada III Kerahkan Tim Udara dan Laut Lakukan Pencarian KM Vivie Rae di Perairan Laut Arafura

Senin, 06 Maret 2023 | 13:53 WIB
header img
Koarmada III kerahkan tim udara dan laut guna lakukan proses pencarian KM Vivie Rae II yang hilang di perairan Arafura (FOTO: iNewsSorong.id-HO DISPEN KOARMADA III)

SORONG-PBD, iNewsSorong.id, - Guna membantu proses pencarian KM Vivie Rae II yang dilaporkan hilang kontak akibat mengalami kerusakan mesin di perairan laut Arafura, Jajaran Koarmada III Sorong mengerahkan unsur udara dan laut untuk membantu proses pencarian tersebut. Tim Rescue Koarmada III selanjutnya bergabung dengan Tim SAR gabungan yang bersiap melakukan proses pencarian tersebut. 

Kadispen Koarmada III Sorong, Kolonel Laut KH) R Doni Kundrat dalam siaran pers yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Senin (6/3/2023) menjelaskan saat ini Jajaran Koarmada III telah mengerahkan unsur udara dan laut dalam proses pencarian tersebut. Dimana pada awalnya Koarmada III menerima laporan tersebut dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke yang meneruskan informasi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Merauke. Minggu (05/03/23).

 

 


KM Vivie Rae II yang sempat hilang kontak akhirnya ditemukan dalam posisi terombang ambing di perairan Arafura (FOTO UDARA : DISPEN KOARMADA III)

 

" Setelah menerima informasi tersebut Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han, langsung memerintahkan Pesawat Udara (Pesud) Patmar TNI Angkatan Laut CN 235-220 MPA P-8304 dan Kapal Perang, untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan sebagai upaya mencari kapal yang sedang mengalami kerusakan mesin," ungkap Kolonel Doni.

Lebih lanjut Kolonel Doni menerangkan, dari hasil pencarian yang dilaksanakan Pesud Patmar TNI Angkatan Laut CN 235-220 MPA P-8304, dengan Pilot Kapten Laut (P) Triyoga Sakti I dan Co Pilot Lettu Laut (P/W) Catur Arum Nuryani, S.Tr.Han., akhirnya dapat menemukan KM Vivie Rae II dengan posisi terapung di Perairan Laut Arafuru, 

"Dari komunikasi antar pesawat dengan awak kapal tersebut  dapat diketahui  ABK kapal sebanyak 6 (enam) orang WNA dalam keadaan sehat, kebutuhan makanan yang ada di kapal masih mencukupi dan kapal tersebut  mengalami kerusakan (mesin)  dan menunggu evakuasi,"terangnya. 

Dari kronologis kejadian yang didapatkan pihak Koarmada III Sorong menurut Kolonel Doni, bermula saat KM Vivie Rae II bergerak dari Marshall Island pada tanggal 26 Februari 2023 menuju Kota Sorong, dan  pada tanggal 02 Maret 2023 mengalami kerusakan mesin. 


Koarmada III kerahkan tim udara dan laut guna lakukan proses pencarian KM Vivie Rae II yang hilang di perairan Arafura (FOTO: iNewsSorong.id-HO DISPEN KOARMADA III)

"Selanjutnya Kapten kapal segera menghubungi Kantor perwakilannya yang berada di Bali untuk meminta bantuan guna penarikan kapal KM Vivierae II tersebut," ujar Kolonel Doni. 

Adapun Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian dan penyelamat kapal tersebut adalah Basarnas Merauke, Lantamal XI Merauke, Kementerian Perikanan dan Kelautan Merauke, Polairud Merauke. Distrik Navigasi Merauke, dan SROP Merauke  serta . Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPPKL) Merauke.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut