Logo Network
Network

WRI dan Jerat Papua Gelar Pelatihan Pengenalan GFW dan Forest Wacther Bagi CSO di Papua

MAKUBA NESTA
.
Jum'at, 27 Januari 2023 | 20:45 WIB
WRI dan Jerat Papua Gelar Pelatihan Pengenalan GFW dan Forest Wacther Bagi CSO di Papua
Peserta saat mengikuti Pelatihan Pemantauan Hutan Global atau Global Forest Wact (GFW) dan Forest Wacther Bagi CSO di Papua. (FOTO: iNewsSorong.id/MANES

JAYAPURA, iNewsSorong.id -  World Resoucers Institut  (WRI ) dan Jaringan Kerja Rakyat (JERAT) Papua menggelar pelatihan Pemantauan Hutan Global atau Global Forest Wact (GFW) dan Forest Wacther Bagi CSO di  Papua  yang bergerak di bidang lingkungan dan Pemantauan Hutan di Papua.  
  
Pelatihan yang di inisiatif oleh dua lembaga NGO di Papua terutama di Jayapura tersebut , yakni WRI dan Jerat Papua sebagai bagian dari intensitas kerja-kerja lembaga-lembaga Cso dalam memantau pergerakan pembukaan lahan dan hutan yang terus menerus terjadi di Tanah Papua.

Geraldi Arief Pimpinan World Resoucers Institut  (WRI ) Regional Papua mengatakan Global Forest Wacth sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh NGO dalam melakukan pemantauan tutupan dan pembukaan lahan atau Hutan di Papua beberapa Provinsi  di Indonesia bahkan dunia.

" Ini adalah aplikasi pemantauan hutan. yang bisa kita gunakan untuk Investigasi dan pemantauan lahan yang ada di papua maupun wilayah sekitar, “ujar Geraldi Arief Pimpinan World Resoucers Institut  (WRI ) Regional Papua,  Kamis, (26/1/2023).

Lanjut Geraldi Arief penggunaan Aplikasi GFW dapat memudahkan teman-teman yang melakukan investigasi atau pemantauan lahan untuk mengumpulkan data lapangan secara rinci terkait dengan wilayah yang sedang di dalami. 

" Kita bisa melihat pembukaan hutan yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat,”ungkapnya.

Sekretaris Eksekutif (SE) Jaringan Kerja Rakyat (JERAT) Papua Septer Manufandu mengharapkan pelatihan yang di lakukan oleh WRI dan Jerat Papua melibatkan tenaga-tenaga lapangan di CSO yang baru sehingga terjadi regenerasi bagi ahli-ahli pemantauan hutan di papua agar ke depan tenaga –tenaga terampil yang dapat bersentuhan langsung dengan kegiatan-kegiatan pemantauan hutan.

" Kalau ada pelatihan seperti ini bisa libatkan teman-teman Cso yang baru sehingga ada tenaga-tenaga muda yang bisa terjun langsung untuk menggunakan ini dalam pemantauan, “jelas Septer Manufandu

Lebih lanjut Septer mengatakan, mereka ini khusus di tugaskan untuk bekerja sebagai pemantau dalam mengoperasikan aplikasi ini dalam memantau  pembukaan lahan dan hutan yang terus menggerus hutan Papua.

" Mereka ketika mendapatkan pelatihan ini bisa langsung mengaplikasikan ilmunya di masyarakat, ” tuturnya.

Septer berharap kiranya rekan-rekan CSO saat mengikuti pelatihan tidak lagi menyimpan melainkan dapat di sosialisasikan kepada masyarakat luas atas ilmu yang di dapatkan .

Pelatihan Pemantauan Hutan Global atau Global Forest Wact (GFW) dan Forest Wacther Bagi CSO di  Papua ini akan berlangsung selama 2 hari yakni 26 dan 27 Januari 2023.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.