get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Raja Ampat Berpatisipasi dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih

Alfamart Resmi Beroperasi di Raja Ampat, Tunjang Perkembangan Ekonomi Pariwisata di Pulau Bahari

Sabtu, 03 Desember 2022 | 10:23 WIB
header img
Alfamart melebarkan eskpansi usahanya ke ujung negeri dengan membuka gerai pertama di Pulau Wisata Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id/ HERRY WIBAWA)

WAISAI, iNewsSorong.id - Jaringan minimarket Alfamart akhirnya melebarkan sayapnya di kepulauan terindah yang dijuluki "The Last Paradise", kabupaten bahari Raja Ampat.

Gerai Alfamart pertama ini terletak di jalan 30, atau jalan Jenderal Sudirman, Distrik Waisai Kota, Kabupaten Raja Ampat. 

Grand Opening gerai Alfamart ini diresmikan oleh Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, mewakili Pemerintah Daerah, Rabu (30/11/2022) lalu, ditandai dengan menabuh tambur dan tifa oleh Wakil Bupati Raja Ampat Orideko Burdam didampingi Deputy Branch Manager Alfamart Sidoarjo, Dadang Budi Maulana, bersama sejumlah pejabat dan  Staf Alfamart lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Orideko Iriano Burdam, menyampaikan, kehadiran gerai Alfamart di Kabupaten Raja Ampat tentunya sudah melalui prosedur dan kelengkapan persyaratan lainnya. 

Seperti yang kita perhatikan dari situasi pandemic Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian di tanah air, sehingga Pemerintah Kabupaten Raja Ampat terus berupaya memberikan dukungan terhadap berbagai bidang usaha dan investasi. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, saya (Orideko Iriano Burdam-red) menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Alfamart, yang sudah membangun kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat," ungkap Orideko.

"Kami pun memberikan apresiasi dengan dibukanya Toko Perdana Alfamart, yang memiliki komitmen untuk membantu membuka peluang dalam mempromosikan produk UMKM Raja Ampat dan menjadi ajang promosi dan kerja sama dalam berusaha," tambah Orideko.

Dijelaskan Orideko, momentum di hari ini (grand opening gerai alfamart.red)  akan memaknai kita semua, bahwa dalam memajukan perekonomian di suatu daerah tidak dapat didorong dan dikerahkan oleh pemerintah dan masyarakat saja, namun perlu dukungan dari semua pihak termasuk peran serta sektor swasta. 

"Dengan Kehadiran Toko Alfamart ini mudah-mudahan akan membangkitkan serta mendorong semangat investasi di daerah ini, karena akan membuka ruang untuk perluasan dunia usaha, yaitu sektor perdagangan di Kabupaten Raja Ampat. Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini akan membawa manfaat bagi kemajuan Kabupaten Raja Ampat," pinta Orideko. 

Dikesempatan itu, Deputy Branch Manager Alfamart Sidoarjo, Dadang Budi Maulana mengatakan, di Provinsi Papua Barat saat ini tepatnya di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Alfamart telah mengoperasikan sebanyak 34 tokonya. Namun lanjutnya maulana, Toko Alfamart Kota Waisai ini menjadi toko ke-35 di Provinsi Papua Barat dan yang pertama dibangun di kabupaten Raja Ampat. 

"Total tenaga kerja yang sudah kita serap di Papua Barat sebanyak 180 orang dan yang ber-KTP Sorong dan Raja Ampat 117 orang (65 % nya). Sisanya adalah karyawan perbantuan Jawa yang hanya bekerja selama 6 bulan, kemudian mereka akan kembali ke Jawa secara bergilir setelah putra-putri daerah diangkat menjadi karyawan tetap secara bertahap pula," jelas Maulana.

Maulana berharap kehadiran Alfamart di Raja Ampat banyak memberikan manfaat bagi masyarakat di sini, baik dalam kemudahan pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, penyerapan tenaga kerja, maupun berkontribusi terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah-red) Pemkab Raja Ampat.

"Serta bisa bersinergi dengan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah-red) lokal dan beberapa dinas terkait," ujar Maulana.

Maulana mengungkapkan, selama sehari pada Grand Opening Alfamart Kota Waisai memberikan hadiah langsung terhadap konsumen yang berbelanja minimal Rp 100.000. Hadiahnya pun, bisa dipilih langsung di toko. 

"Tak hanya hadiah langsung, Alfamart juga menawarkan beragam promo menarik lainnya sampai pada akhir tahun," pungkasnya.

Dari pantauan iNewsSorong.id, disela-sela opening Wakil Bupati Raja Ampat Orideko Iriano Burdam didampingi Deputy Branch Manager Alfamart Sidoarjo, Dadang Budi Maulana menyerahkan bantuan Sosial berupa Sembako bagi warga yang berdomisili di Waisai. Dilanjutkan penyerahan perlengkapan berupa tas sekolah kepada puluhan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD). Bantuan-bantuan tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart, dan 

Ratusan warga Waisai terlihat ikut menyerbu Grand Opening (GO) Alfamart untuk mendapatkan special harga promo serta membuat member sebagai pelanggan setia di Alfamart. Selain warga, terlihat didalam toko alfmart Wakil Bupati Raja Ampat bersama puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Raja Ampat ikut berbelanja sejumlah barang di toko Alfamart hingga sore hari. 

Selain perdana dibuka di Jalan Jenderal Sudirman, Toko kedua Alfamart juga telah dibangun di Jalan Ahmad Yani atau akrab dikenal warga setempat berlokasi tepat didepan rumah kolam ikan Waisai. 

Sementara toko ketiga, Alfamart memilih lokasi dilantai dasar Hotel Raja Ampat berada tepat didepan kawasan Pantai WTC Waisai Kota. Kedua toko Alfamart tersebut rencana mulai diresmikan pada tanggal 7 Desember dan 9 Desember 2022.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut