get app
inews
Aa Read Next : Tarian Tifa Panjang Suku Irarutu, Sambut Kedatangan Wapres Ma'ruf Amin di Bandara Utarom Kaimana

Soal Pemekaran Provinsi Bomberay Raya, Ini Janji Wapres Ma'ruf Amin

Jum'at, 02 Desember 2022 | 06:48 WIB
header img
Wapres RI Ma'ruf Amin saat melakukan pertemuan dengan para tokoh agama, adat dan masyarakat serta pemerintah di Kaimana Beach Hotel, Kamis (1/12/2022) (FOTO: DAVID ALLAN)

KAIMANA, iNewsSorong.id - Lanjutkan agenda kunjungan kerjanya di Kabupaten Kaimana, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dan pemerintah daerah, di Kaimana Beach Hotel, Kamis (1/12/2022). 

Dalam pertemuan itu, Wapres Ma'Amin menerima sejumlah masukan dari para tokoh dan pemerintah daerah terkait rencana pemekaran Provinsi Bomberay Raya

Menjawab masukkan dan permintaan para tokoh dan pemerintah tersebut, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemekaran provinsi baru Bomberay Raya telah masuk dalam angenda pembasahan anggaran pemerintah pusat tahun 2023/2024.

" Saya merasa bahwa ini sangat penting agar percepatan pembangunan di wilayah ini dapat dilaksanakan dengan tujuan utamanya yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini," ungkap Wapres Ma'ruf Amin. 

Wapres menegaskan, akan menginstruksikan kepada kementerian terkait agar segera memasukan sejumlah usulan pemerintah daerah dan tokoh adat-tokoh masyarakat, untuk dibahas dalam agenda percepatan pembangunan di Tanah Papua, salah satunya yakni pemekaran Provinsi baru di wilayah Bomberay Raya. 

Wapres di hadapan seluruh tokoh adat dan tokoh masyarakat serta pemerintah daerah pun sangat berharap agar, dengan percepatan pembangunan di wilayah ini, masyarakat bisa hidup layak. 

" Ada timbal balik dampak dari pemekaran itu, baik untuk pemerintah mauapun untuk masyarakat, diantaranya pembangunan di bidang pendidikan, pariwisata dan ekonomi. Karena itu saya berharap agar percepatan pembangunan itu dapat diarahkan dalam program-program yang quickly di daerah, namun tentu harus diseusaikan antara pusat dan daerah, mana yang menjadi skala prioritas,”tegasnya.

Sementara itu mewakili Pemerintah dan masyakat, Bupati Kaimana, Freddy Thie di hadapan depan Wapres Ma'ruf Amin mengaku, kunjungan Wapres saat ini ke Kaimana, merupakan kebanggaan besar bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kaimana, karena Kabupaten ini sudah dikunjungi baik oleh Presiden Jokowi pada 27 Oktober 2019 lalu dan saat ini Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Dalam sambutan selamat datangnya, Bupati Freddy Thie juga mengusulkan, agar Pemerintah Pusat terus berupaya untuk mempercepat pembangunan di Tanah Papua, khususnya Kabupaten Kaimana.

" Kami meminta agar Kaimana ke depannya perlu dilaksanakannya Sail Triton, karena Kaimana punya potensi yang tak kalah menariknya dengan Raja Ampat. Yang ada di Raja Ampat, ada juga di Kaimana, tetapi yang ada di Kaimana, saya pastikan tidak ada di Raja Ampat,” tegas Bupati Freddy Thie.

Sementara itu, mewakili Tokoh Adat dan Masyarakat melalui Abdul Hakim Aituarauw menjelaskan secara detail soal keterikatan adat wilayah Bomberay Raya, yakni Kaimana, Fakfak, Bintuni dan Wondama.

Olehnya, Hakim juga mengusulkan agar wilayah Bomberay Raya ini perlu dimekarkan menjadi Provinsi dan Kabupaten baru di wilayah ini.

Usai menerima para tokoh adat dan tokoh masyarakat serta pemerintah daerah, Wapres Ma’ruf Amin langsung bergerak menuju Taman Jokowi Iriana untuk meresmikan Foodcourt UMKM.

Wapres Ma'ruf Amin bersama isteri dan rombongan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kaimana sejak 30 November hingga 1 Desember 2022. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut