Besok Wapres Kunjungi Kaimana, Ratusan Personel TNI dan Polri Bersiaga

DAVID ALLAN
.
Selasa, 29 November 2022 | 21:25 WIB
Kolase Foto: Danrem 182/Jazirah Onim, Kolenel Inf Hartono (kanan) dan Kabag Ops Polres Kaimana, Kompol Obet Kabarek (Kiri) saat memberikan keterangan pers kepada wartawan. (FOTO: iNewsSorong.id/DAVID ALLAN)

KAIMANA, iNewsSorongraya.id- Ratusan Aparat gabungan TNI dan Polri dikerahkan dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin ke kabupaten Kaimana pada tanggal 30 November 2022 besok.

Personel gabungan yang dikerahkan untuk pengamanan Kunker Wapres tersebut sebanyak 947 personel dan akan ditempatkan di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Kaimana. 

Hal tersebut disampaikan Danrem 182/ Jazirah Onim, Kolenel Inf Hartono saat memimpin rapat pemantapan persiapan kunjungan Wapres di ruang rapat Kantor Bupati Kaimana pada Senin (28/11/2022).

Dimana dalam rapat tersebut Danrem menugaskan Dandim 1804 Kaimana dan Kapolres Kaimana sebagai penanggung jawab keamanan pada lokasi kegiatan kunjungan Wapres dan tempat Wapres menginap.

"Saya berharap Dandim dan Kapolres bisa berkoordinasi dengan baik soal sistem pengamanan di setiap lokasi yang akan di datangi termasuk tempat penginapan nantinya" tegas Hartono.

Sementara itu, Kapolres Kaimana, AKBP Gadug Kurniawan S.I.K M.H, melalui Kabag Ops Kompol Ruben Obed Kabarek S.H, S.I.K saat dikonfirmasi, Selasa (29/11/2022) mengatakan bahwa Polres Kaimana sendiri akan mengerahkan 223 personil untuk melakukan pengamanan pada setiap titik. Sementara itu 150 personil akan disiagakan di Markas Komando Polres Kaimana.

Selain personel, lanjut Kompol Ruben, pihaknya juga menyiapkan dukungan untuk pengamanan sejumlah fasilitas pendukung seperti PAM Obvit (Objek Vital) untuk pengamanan save door, metal detektor motor pengamanan dari direktorat lantas untuk 4 orang personil juga telah disiapkan.

"Kita tetap terus melaksanakan patroli gabungan hingga H-1 kunjungan Wapres ke kabupaten Kaimana. Kita libatkan juga fungsi Intelijen untuk mengantisipasi keadaan di kabupaten Kaimana, Sehingga informasi sekecil apapun akan segera kami tindak," ungkap Kompol Ruben. 

Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin direncakan akan melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Kaimana, Papua Barat untuk melakukan sejumlah agenda kegiatan. 

Pihak TNI dan Polri telah meningkatkan pengamanan di wilayah itu, menyusul kedatangan orang nomor dua di Republik ini pada 30 November 2022 besok. 

Sejumlah kegiatan penting dalam mendukung kegiatan pengamanan tersebut telah dilakukan, diantaranya patroli skala besar dan kegiatan razia di wilayah itu. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini