get app
inews
Aa Read Next : TNI Akui Satu Prajuritnya Gugur Ditembak Gerombolan OPM di Paniai

Baku Tembak Dengan KST Papua di Ilaga Satu Anggota TNI Tertembak

Minggu, 13 November 2022 | 13:31 WIB
header img
Kasatgas Emang III Brigjen TNI I Gusti Agung Winatha mengunjungi Pos Satgas Elang III di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. (FOTO: iNewsSorong.id/PENREM KOSTRAD)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Seorang anggota TNI atas nama Serka IDW yang merupakan personel Satgas Elang, dilaporkan mengalami luka tembak dalam kontak senjata dengan Kelompok Separatis Teroris Papua (KST) di Kampung Gome, Distrik Ilaga, Minggu(13/11/2022). 

Dari informasi yang diperoleh iNewsSorong.id, Serka IDW tertembak pada bagian kaki saat melakukan Patroli. Korban Serka IDW saat ini telah di evakuasi ke Puskesmas Ilaga dan dalam kondisi sadar. 


Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XVII Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangan pers yang diterima iNewsSorong.id, Minggu (13/11/2022) siang membenarkan adanya peristiwa tersebut. 

Menurut Kapendam, penembakan tersebut dilakukan oleh gerombolan KST dari kelompok Gome, Pimpinan Numbuk Telenggeng saat aparat kemanan sedang melaksanakan patroli gabungan disekitar Gereja Golgota Gome, Distrik Ilaga. Akibat penembakan tersebut, Serka IDW mengalami luka tembak pada bagian paha kanan. 

" Bahwa benar telah terjadi penembakan oleh gerombolan KST dari kelompok Gome Pimpinan Numbuk Telenggeng kepada Aparat Keamanan yang sedang melaksanakan Patroli Gabungan di sekita Gereja Golgota Gome di Ilaga, Minggu (13/11/2022) pukul 09.00 Wit, (kejadian itu) mengakibatkan 1 (satu) personel TNI atas nama Serka IDW mengalami luka tembak pada paha kanan," ungkap Kapendam. 

Korban Serka IDW menurut Kapendam saat ini dalam kondisi sadar dan telah di evakuasi ke Puskesmas Ilaga. 

" Saat ini, Serka IDW yang mengalami luka tembak pada paha kanan dalam kondisi sadar dan telah dievakuasi menggunakan kendaraan Brimob Satgas Damai Cartenz ke Puskesmas Ilaga," ujar Kapendam. 

Pasca penyerangan tersebut menurut Kapendam situasi di Ilaga tetap kondusif, dan tidak ada jatuh korban dari pihak masyakarat sipil dalam kontak senjata tersebut. 

" Bahwa Pasca Penyerangan dan penembakan oleh gerombolan KST kepada Aparat Keamanan, situasi dalam keadaan kondusif dan tidak ada korban dari pihak sipil atau masyarakat," pungkasnya. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut