get app
inews
Aa Read Next : 100 Peserta Ikuti Pelatihan Potensi SAR Tentang Potensi MFR dan Water Rescue

Ditemukan Terombang-ambing di Laut, 10 Awak KM Inka Mina Selamat

Minggu, 06 November 2022 | 22:15 WIB
header img
KM Inka Mina yang sebelumnya dilaporkan mengalami trouble engine akhirnya ditemukan tim Basarnas, Minggu (6/11/2022). Seluruh awak kapal ditemukan dalam kondisi selamat. (FOTO: iNewsSorong.id - HO Humas Basarnas Sorong)

SORONG, iNewsSorong.id - Tim Basarnas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas Sorong, Minggu (6/11/2022) sekitar pukul 17.57 WIT  berhasil menemukan lokasi KM Inka Mina yang sebelumnya dilaporkan mengalami trouble engine saat berlayar dari Pulau Wayag dengan tujuan Kota Sorong. 


Proses evakuasi awak Kapal KM Inka Mina yang terombang-ambing di laut akibat trouble engine. Seluruh awak kapal ditemukan selamat. (FOTO : iNewsSorong.id - HO Humas Basarnas Sorong)

 

Kapal Nelayan KM Inka Mina ditemukan di sekitar Tanjung Makoi, perbatasan Perairan Raja Ampat dan Sorong. Seluruh awal kapal yang berjumlah 10 orang dilaporkan selamat. 


Tim Basarnas melakukan poses evakuasi awak Kapal KM Inka Mina yang terombang-ambing di laut akibat trouble engine. Seluruh awak kapal ditemukan selamat. (FOTO : iNewsSorong.id - HO Humas Basarnas Sorong)

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong Amiruddin AS yang dikonfirmasi iNewsSorong.id  mengatakan, setelah sempat terombang ambing di tengah laut kurang lebih satu malam akibat Kapal mengalami trouble engine atau mati mesin, KM Inka Mina dan seluruh awak kapal berhasil ditemukan sekitar pukul 17.59 WIT oleh Tim Rescue dan KN Baladewa.


KM Inka Mina ditemukan oleh Crew Basarnas, terombang-ambing ditengah laut akibat trouble engine. (FOTO: iNewsSorong.id/HO Humas Basarnas Sorong)

 

"Kami akan membantu kapal untuk di towing ke pulau terdekat. Saat ini korban berjumlah 7 orang sedang on board di KN Baladewa, sementara 3 orang lainnya yang merupakan nakhoda dan anak buah kapal memilih stay di atas kapal untuk mengawal kapal tersebut dalam proses towing ke pulau yang terdekat yaitu pulau senapan," ungkap Amiruddin.


Tim Basarnas melakukan poses evakuasi awak Kapal KM Inka Mina yang terombang-ambing di laut akibat trouble engine. Seluruh awak kapal ditemukan selamat. (FOTO : iNewsSorong.id - HO Humas Basarnas Sorong)

 

Ditambahkannya, setelah posisi kapal dalam keadaan aman, baru kemudian KN Baladewa akan langsung kembali menuju Kota Sorong.


Nahkoda kapal KM Inka Mina saat memberikan keterangan kepada Crew Basarnas Sorong diatas KN Baladewa. (FOTO: iNewsSorong.id/HO Humas Basarnas Sorong)

 

Dengan ditemukannya KM Inka Mina beserta seluruh awak kapal yang seluruhnya dalam kondisi selamat menurut Amiruddin pihaknya mengentikan operasi SAR terhadap KM Inka Mina. 


Crew Basarnas Sorong diatas KN Baladewa saat melakukan operasi SAR pencarian dan evakuasi terhadap 10 awak kapal nelayan KM Inka Mina di perairan Raja Ampat. (FOTO: iNewsSorong.id/HO Humas Basarnas Sorong)
 

" Hari ini, operasi SAR secara resmi kami hentikan. Terimakasih kami smapaikan kepada para crew Basarnas yang telah bekerja keras demi kemanusiaan,"pungkas Amiruddin. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut