get app
inews
Aa Read Next : Aksi Biadab KKB OPM, Tembak Tiga Warga Sipil, Satu Warga Tewas

Pesawat Cargo Reven Global Tergelincir di Bandara Aminggaru Kabupaten Puncak Papua

Rabu, 26 Oktober 2022 | 01:12 WIB
header img
Pesawat Reven Global Airtransport dengan nomor penerbangan PK-RVA yang bermuatan bahan makanan (Bama) dan 6 unit kendaran roda dua, tergelincir di Bandara Aminggaru Illaga Kabupaten Puncak Papua, Selasa (25/10/2022) pukul 09.15 WIT. (Foto : Istimewa)

ILLAGA, iNewsSorong.id  -- Pesawat Reven Global Airtransport dengan nomor penerbangan PK-RVA yang bermuatan bahan makanan (Bama) dan 6 unit kendaran roda dua, dilaporkan tergelincir di Bandara Aminggaru Illaga Kabupaten Puncak Papua, Selasa (25/10/2022) pukul 09.15 WIT.


Aparat kepolisian dan TNI membantu proses evakuasi pesawat Cargo Reven Global Airtransport yang tergelincir di Bandara Aminggaru, Illaga, Kabupaten Puncak Papua (Foto: Istimewa)

 

Juru Bicara Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia menjelaskan bahwa pesawat tersebut tergelincir saat mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga pada pukul 09.15 WIT, dimana menurut keterangan pilot atas nama Gabriel saat hendak menuju hanggar pesawat tidak dapat berbelok ke kanan sehingga pesawat akhirnya lurus tergelincir ke ujung bandara.

“Pesawat itu dari Bandara Udara Timika menuju ke Bandara Aminggaru Ilaga, saat akan mendarat pesawat tergelincir dan akhirnya lurus ke ujung bandara,” kata Kamal.

Anggota Pos Pam Bandara yang menerima laporan melalui radio langsung menuju ke lokasi kejadian dan mengevakuasi pilot Gabriel dan Co-Pilot

Kamal menuturkan, dari peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka atas kecelakaan tersebut dan saat ini pesawat masih berada di landasan bandara.

Dari kecelakaan itu, kata Kamal, pesawat mengalami kerusakan pada ban depan terlepas, baling-baling bengkok dan bodi pesawat bagian bawah pecah.


Aparat TNI dan polri bersiaga di sekitar lokasi tergelincirnya pesawat Cargo Reven Global Airtransport yang mengalami kecelakaan di Bandara Aminggaru Kabupaten Puncak Papua (Foto: Istimewa)

 

“Saat ini anggota gabungan dari TNI-Polri di sana masih melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Kasus pesawat tergelincir tersebut sudah ditangani oleh Satuan Reskrim Polres Puncak,” tutup Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Sementara itu Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Aminggaru Herman Sujito menuturkan, dampak insiden tersebut operasional Bandara Aminggaru Ilaga ditutup sementara.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut