Dukungan Mengalir Terhadap Pj Bupati Tambrauw, Tokoh Adat dan Pemuda Minta Plh Sekda Segera Dilantik

CHANRY ANDREW SURIPATTY
Dukungan Mengalir Terhadap Pj Bupati Tambrauw, Tokoh Adat dan Pemuda Minta Plh Sekda Segera Dilantik. (Ist)

TAMBRAUW, iNewsSorongRaya.Id - Polemik pengisian jabatan Sekda setelah ditinggalkan Engelbertus Gabriel Kocu yang baru saja dilantik menjadi Penjabat Bupati Tambrauw akhirnya menemui titik temu.

Puluhan massa yang tergabung dalam Tokoh adat dan pemuda Tambrauw melakukan aksi dukungan terhadap pelantikan Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Tambrauw pada Rabu (25/05/2022) di Halaman Kantor Bupati Tambrauw. Tak hanya itu, aksi massa ini juga mendukung kepemimpinan Engelbertus Gabriel Kocu sebagai Penjabat Bupati Tambrauw.

Sefnat Yembra selaku kepala Kampung di Distrik FEF dalam aksi massa itu menyampaikan dukungannya terhadap jalannya roda pemerintahan yang saat ini tengah berjalan dibawah kepemimpinan Penjabat Bupati Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu.

"Saya menyatakan sikap bahwa Engelbertus Gabriel Kocu tetap harus maju menjadi Penjabat Bupati Tambrauw selama dua tahun. Saya mengajak seluruh kepala kampung di Distrik Fef ini untuk mendukung pemerintahan yang berlangsung," kata Sefnat Yembra dalam orasinya.

Senada dengan Sefnat, Paulus Bofra yang merupakan Tokoh Adat mengemukakan, pelantikan Penjabat di lingkungan Pemerintah sudah sesuai dan diatur dalam Undang-undang. Untuk itu Paulus meminta agar jabatan yang telah diemban Engelbertus Gabriel Kocu harus bisa dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Saya orang pribumi dari Distrik Fef, membawahi 18 Marga di Distrik Fef. Penjabat yang telah dilantik bukan melalui proses politik. Saya atas nama masyarakat adat di Distrik Fef menyatakan bahwa pelantikan telah ditetapkan oleh Undang-undang. Jabatan yang diberikan harus bisa dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Kami memberikan dukungan penuh terhadap Penjabat Bupati Tambrauw," ungkap Paulus Bofra.

Sementara itu dalam aksi ini juga suara dari perwakilan Pemuda di Distrik FEF mengemuka dengan suara bulat mendukung penuh Penjabat Bupati Tambrauw untuk melantik Plh Sekda.

"Saya perwakilan dari pemuda di Distrik Fef memberikan dukungan penuh kepada Penjabat Bupati Tambrauw untuk segera melantik Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tambrauw. Kami tidak ikut terlibat ataupun mengintervensi pemilihan tersebut. Kami mengajak seluruh pemuda dan pelajar yang ada di seluruh Distrik se-Kabupaten Tambrauw untuk membantu menyukseskan pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah yang akan segera dilaksanakan," ujar Agustinus Yesnath.

Agustinus Yesnath juga menyampaikan bahwa semua kebersamaan di Tambrauw tidak dapat berjalan sendiri-sendiri.

"Hari ini, kami mematuhi dan ikut terhadap keputusan Pemerintah Pusat yang telah menetapkan Engelbertus G. Kocu sebagai Penjabat Bupati Tambrauw dengan periode yang telah ditentukan. Mari kita semua menjaga dan mendukung pemerintahan sesuai dengan Motto Kabupaten Tambrauw yaitu, Menjetu, Menjedik, Memben Suksno," timpal Agustinus.

Salah satu perwakilan Pemuda lainnya, Saverius Hae menambahkan bahwa, semua komponen masyarakat dan DPRD, LSM, Pemuda dapat mendukung pelaksanaan roda pemerintahan yang telah diamanahkan kepada Penjabat Bupati Tambrauw.

"Saya sebagai perwakilan pemuda mengimbau kepada seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tambrauw untuk dapat bersama-sama masyarakat mendukung Penjabat Bupati Tambrauw dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kami mengimbau kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan seluruh LSM untuk dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Tambrauw. Pelantikan Sekretaris Daerah adalah hak prerogatif dari Bupati Tambrauw, maka kita harus mendukung dan mematuhi keputusan pelantikan tersebut nantinya," ujar Saverius Hae.

Aksi tersebut diakhiri dengan penguatan pernyataan bahwa mereka mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat dan pemuda untuk dapat mendukung keputusan Penjabat Bupati Tambrauw dalam pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tambrauw.

"Kita ikuti informasi yang berkembang, bahwa kita tidak memilih baik itu Orang Asli Papua (OAP) maupun Non-OAP. Tetapi kami mendukung siapapun yang berani dan konsisten untuk membangun Kabupaten Tambrauw ini," ungkap Saverius.

Kalangan Pemuda juga Mahasiswa dan pemuda Tambrauw meminta seluruh masyarakat menjaga keamanan dan tidak termakan isu-isu negatif menjelang pelantikan Plh Sekda. Mereka meminta Kapolda Papua Barat dan Kapolres Tambrauw untuk menindak tegas oknum-oknum yang ingin memperkeruh suasana keamanan di wilayah Kabupaten Tambrauw.

Aksi tersebut dilakukan oleh beberapa kalangan masyarakat di antaranya, Kartesius Bofra, Agustinus Bame, Leonardus Baru, dan Wellem Bame.

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network