Paslon Gabriel Asem -Lukman Wugaje (GAUL) Diprediksi Menangkan Pilgub Papua Barat Daya Satu Putaran

ANDREW CHAN
Paslon Gabriel Asem - Lukman Wugaje (GAUL) diprediksi menangkan Pilkada Gubernur - Wakil Gubernur Papua Barat Daya satu putaran. (FOTO : Dok iNewsSorong.id)

 

SORONG, iNewsSorong.id - Pasangan Gabriel Asem dan Lukman Wugaje (GAUL) yang didukung Partai Perindo diprediksi memiliki peluang besar untuk memenangkan pemilihan Gubernur Papua Barat Daya pada 2024. Gabriel Asem, yang pernah menjabat sebagai Bupati Tambrauw selama dua periode, memiliki elektabilitas yang tinggi, ditambah dengan kegagalan Lambertus Jitmau memperoleh rekomendasi dari DPP Partai Golkar yang mengalihkan dukungannya kepada Bernard Sagrim.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indopol pada tanggal 18-27 Juli 2024, Lambertus Jitmau menempati posisi pertama dengan 24,64%, sementara Gabriel Asem berada di posisi kedua dengan 20,18%. Namun, setelah Lambertus Jitmau gagal maju sebagai calon Gubernur karena tidak mendapatkan dukungan Partai Golkar, peluang Gabriel Asem meningkat secara signifikan. Gabriel Asem akhirnya mendapatkan dukungan dari Partai PERINDO, Partai HANURA, dan Partai GELORA berkat keputusan Mahkamah Konstitusi No.60/PUU-XXII/2024.

Dalam simulasi head to head atau simulasi dengan dua pasangan calon, Gabriel Asem memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan calon-calon lainnya yang memenuhi syarat untuk maju dalam Pilkada Provinsi Papua Barat Daya. Pasangan GAUL telah mendapatkan persetujuan dari Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat Daya sebagai salah satu dari empat pasangan calon yang memenuhi syarat orang asli Papua untuk maju pada pemilihan kepala daerah.

Rapat Pleno luar biasa MRP Papua Barat Daya yang diadakan pada tanggal 6 September 2024 di Hotel Rylich Panorama Kota Sorong memutuskan melalui Surat Keputusan Nomor 10/MRP.PBD/2024 bahwa pasangan calon yang memenuhi syarat adalah ;

  1. Bernard Sagrim – Sirajudin Bauw.
  2. Elisa Kambu – Ahmad Nasrau.
  3. Gabriel Asem – Lukman Wugaje.
  4. Dan Onesimus Wayangkau – Ibrahim Wugadje.

Sementara pasangan bakal calon Gubernur Abdul Faris Umlati dan Petrus Kasihiw terancam gagal untuk maju sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pilkada Provinsi Papua Barat Daya pada November 2024 karena dinyatakan tidak memenuhi syarat keabsaahannya sebagai Orang Asli Papua (OAP).

Dari hasil survey ini terlihat, pasangan Gabriel Asem – Lukman Wugaje berada pada posisi yang kuat untuk memenangkan Pilkada Provinsi Papua Barat Daya pada November 2024 dalam satu putaran, terutama mengingat dukungan politik dan elektabilitas mereka yang tinggi.

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network