Ratusan Massa Pendukung Lukas Enembe Mulai Duduki Taman Imbi Kota Jayapura

ANDREW CHAN
.
Selasa, 20 September 2022 | 14:08 WIB
Seorang demostran saat menyampaikan orasinya dalam demonstrasi Save Lukas Enembe di kawasan Taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (20/9/2022). Massa menutup KPK hentikan kriminalisasi terhadap Gubernur Papua. Foto : Andrew Chan

JAYAPURA, iNewsSorond.id - Massa demonstran pendukung Gubernur Papua Lukas Enembe yang mengatasnamakan diri Koalisi Rakyat Papua ( KRP ) terus  berkumpul di titik nol Taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (20/9/2022). Mereka berkumpul untuk menunggu gelombang massa lainnya yang bergerak dari wilayah, Sentani, Waena dan Abepura. 

Aksi massa kali ini guna menyampaikan aspirasi mereka terhadap proses hukum yang tengah melilit Lukas Enembe dimana Lukas sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi senilai Rp 1 Miliar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) pada 13 September 2022 lalu.

Mereka menilai penetapan tersangka kepada Lukas Enembe merupakan sebuah tindakan kriminalisasi terhadap pemimpin mereka.

Dari pantauan iNewsSorong.id, gelombang massa terus berdatangan memenuhi areal Taman Imbi Kota Jayapura dari sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Jayapura. Dimana KRP menargetkan sebanyak 4000 lebih massa akan menghadiri aksi demonstrasi Save Lukas Enembe tersebut.

Sambil menanti kedatangan massa yang lainnya, beberapa orator dalam aksi tersebut terus menyampaikan dukungan mereka terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe yang dianggap sebagai Pemimpin Besar Rakyat Papua. Mereka meminta KPK untuk melakukan proses hukum yang sebenar-benarnya dan tidak boleh ada kriminalisasi terhadap Lukas Enembe. 

" KPK harus proses hukum sebenar-benarnya, tidak boleh ada kriminalisasi, tidak boleh ada ketidakjujuran, proses hukum harus dilaksanakan dengan baik. Kita saat ini melakukan aksi dengan bermartabat. Satu suara Bapak Lukas Enembe Pemimpin kami," ungkap salah seorang orator demonstrasi. 

Selain itu salah seorang orator juga menyampaikan kekecewaannya terhadap penetapan Lukas Enembe sebagai tersangka oleh KPK dimana menurutnya KPK telah melakukan kriminalisasi terhadap Lukas Enembe yang merupakan Garda Terdepan NKRI di tanah Papua.

Sementara situasi di Kota Jayapura terlihat lengang. Aktivitas pertokoan lebih memilih tutup lebih awal. Tak hanya itu, Aktivitas perkantoran dan persekolahan di kota Jayapura juga diliburkan.

Saat massa berkumpul aktivitas lalu lintas di sekitar lokasi demo terlihat lengang. 

Massa yang ikut aksi tampak membawa sejumlah atribut. Di antaranya mereka membawa pamflet bertuliskan kalimat dukungan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang dikriminalisasi KPK RI.

Diperkirakan massa berkekuatan sekitar 4.000 orang akan menduduki Taman Imbi. 

Aktivitas demostrasi masih terus berlangsung. Ratusan aparat Keamanan dari personel Polisi dan Brimob menjaga ketat sekitaran Taman Imbi guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor : Chanry Suripatty
Bagikan Artikel Ini